Rabu, 17 Juli 2013

Wide Area Network (WAN)

Pegertian WAN

WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network, yang berarti Jaringan Area Luas. WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang cukup luas seperti antar wilayah, kota, negara atau bahkan benua. Atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal (LAN) yang satu dengan jaringan lokal (LAN) yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna atau komputer di lokasi yang lain.

 

Sistem jaringan WAN dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon per bulannya. Namun disisi lain jaringan WAN lebih rumit dan sulit dalam hal settingan dan alat- alat yang dibutuhkan sangatlah mahal. WAN memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet.

Perangkat Jaringan WAN
  • Modem
    Modem (Modulator Demulator) mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (publictelephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali
  • Router
    Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda, dan juga untuk menunjukkan jalur (rute) yang terdekat. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.
  • CSU/DSU
    CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) hampir sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah: CSU atau DSU.
  • Communication Server
    Communication Server adalah server khusus yang digunakan untuk dial in/out bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN
Perbedaan LAN dengan WAN :

Jika kita lihat secara teori saja maka teknologi yang digunakan terlihat berbeda, WAN memiliki jangkauan atau daerah yang sangat luas sedangkan LAN merupakan sebuah jaringan local. Maka dari ini dapat disimpulkan bahwa teknologi yang digunakan pada WAN dan LAN akan sangat berbeda baik dari segi kapasitas dan kegunaannya sediri. Namun menurut apa yang saya dapatkan pada hari rabu kemarin, Perbedaan utama antara LAN dengan WAN adalah; WAN harus berlangganan kepada penyedia jaringan internet / ISP (Internet Service Provider), sedangkan LAN tidak harus berlangganan kepada penyedia jaringan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar